Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Takaful

Asuransi sering sekali diartikan sebagai jaminan, sedangkan untuk perusahaan asuransi adalah sebuah tempat yang memiliki jaminan dalam membantu masyarakat atau nasabahnya dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Untuk melakukan asuransi, antara perusahaan dan pihak nasabah akan memberikan persetujuan atas apa yang dilakukan. Dalam melakukan jasa asuransi, biasanya pihak perusahaan asuransi akan menjamin atas segala masalah yang ada dengan cara memberikan jaminan kepada pihak yang dijamin berupa premi atas kejadian atau peristiwa yang belum jelas. Di indonesia, perusahaan asuransi yang dikembangkannya memiliki sifat dengan cara tolong menolong atau yang disebut dengan takaful. Sehingga perusahaan asuransi yang mengembang prinsip tersebut dan berbeda jauh dengan system yang diterapkan oleh perusahaan asuransi konvensional adalah perusahaan asuran tafakul. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah perusahaan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan takaful sebagai perusahaan asuransi?

asuransi takaful

Tujuan dibentuknya perusahaan asuransi adalah untuk menanggung resiko dari peristiwa yang telah terjadi dengan perjanjian yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk perusahaan asuransi tafakul, perusahaan ini selain menetapkan dan bersedia mengambil resiko dari kerugian yang diderita juga mendasarkan akan system tolong-menolong. Sehingga selain bisa bermanfaat untuk dirinya, keberadaan dirinya juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Untuk menanggung semua resiko yang akan didapatkan, perusahaan tafakul asuransi akan bekerja dibawah sebuah naungan kerja yang dibawahi sebuah adanya dewan pengawasan. Dewan ini akan bekerja sebagai tempat untuk tempat yang mengawasi, pendistribusian dana, serta orang yang dianggap mutlak dalam menentukan keputusan. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara system kerjanya, kelebihan dan kekurangan takaful sebagai perusahaan asuransi, anda bisa baca kelanjutan artikel berikut.

Tafakul sebagai perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi biasanya adalah orang yang akan menanggung segala resiko dari peristiwa yang akan terjadi. Tapi untuk tafakul asuransi, mereka akan berada di bawah naungan badan pengawasan sehingga saat mereka melakukan pembayaran dengan jumlah dana yang diasuransi kan, mereka akan melakukan perhitungan dengan cara yang lebih teliti. Memilih perusahaan asuransi tafakul untuk tempat asuransi, sebenarnya ini adalah solusi yang terbaik. Karena selain menggunakan system islam cara yang dilakukan juga lebih aman dan tidak mementingkan akan kepentingan sendiri. Artinya, saat anda melakukan kesalahan dna ternyata dana tanggungan yang harus dibayarkan melebihi dari dana yang diinvestasikan maka pihak asuransi tafakul akan menanggung semua resiko dengan menggunakan dana tabarru’nya (dana simpanan yang tidak terduga). Jika melihat system kerjanya yang bagus, seharusnya asuransi ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan takaful seharusnya juga bisa disederhanakan.

Akan tetapi, apa yang dipikirkan satu atau dua orang tidaklah sama dengan mereka yang sudah melihat cara kerja dari perusahaan asuransi konvensional yang lebih unggul sudah menancapkan arti perusahaan asuransi dan cara kerjanya yang begitu halus. Untuk itu, supaya anda lebih jelas mengenai bagaimana system kerja dari asuransi tafakul, kelebihan dan kekurangan takaful sebagai perusahaan asuransi, anda bisa baca kelanjutan ulsannya berikut.

Kelebihan dan kekurangan tafakul asuransi

Kelebihan:

  1. Asuransi yang berhubungan dengan keluarga, maka akan diberikan kepada ahli warisnya
  2. Klaim tafakul dari asuransi hanya akan diberikan kepada orang yang terkena musibah, dengan catatan bahwa kerugian yang didapat memiliki perhitungan yang wajar dengan kerugian yang telah terjadi
  3. Biaya asuransi tafakul yang telah dibayarkan akan diambil beberapa bagian untuk biaya operasional, dengan ketentuan dan perjanjian yang sudah ditetapkan di awal
  4. Prinsip yang digunakan adalah mudharabah ( bagi hasil )

Kelemahan:

  1. Perusahaan asuransi tafakul tidak bisa menginvestasikan dana yang sudah terkumpul dalam bentuk dan jenis investasi yang lainnya, kecuali ada izin dari dewan pengawas
  2. Banyaknya nasabah yang masih menggunakan perusahaan asuransi konvensional dari tafakul asuransi
  3. Munculnya asuransi tafakul sesudah asuransi konvensional
  4. Kurang mampunya asuransi tafakul dalam mengansuransikan dana ke investasi lainnya

Keempat kelebihan dan kekurangan takaful sebagai perusahaan asuransi memang sangat jelas, bahwa jika melihat sistemnya tafakul asuransi memang sangat bagus karena perusahaan tetap menggunakan koredor dan system pada hukum islam.

Incoming search terms: